Wednesday, November 13, 2013

Performa Kreativitas Pribadi


Halo teman-teman..
Udah lihat foto diatas belum? Nah foto itu adalah performa kreativitas pribadi yang akan saya tampilkan. Kenapa lukisan? Karena menurut saya lukisan inilah 'wadah' dimana saya bisa mengungkapkan apa yang ingin saya katakan, lukisan juga dapat memberikan saya ketenangan dalam melakukan prosesnya dimana saya merasa bebas dan dapat menyelesaikan lukisan ini tanpa diburu oleh waktu dan kebetulan juga saya hobi melukis maka saya akan menampilkan ini sebagai performa kreativitas pribadi. Ayo terusin baca posting-an ini ya teman-teman :D

Ada beberapa alat yang digunakan untuk melukis, yaitu:

1. Kanvas



2. Kuas



3. Cat Minyak/Air


Saya mulai melukis sekitar 3 tahun terakhir dan saya menghasilkan 5 lukisan seperti yang telah terpampang di awal posting-an ini. Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai lukisan saya tersebut secara satu per satu.


1. Lukisan ini terinspirasi dari lukisan yang dibuat oleh teman saya yang bernama Jeong Joory. Dia adalah seseorang berkebangsaan Korea yang mengikuti kelas seni. Mengapa saya malah terinspirasi hanya pada gambar ini? karena menurut saya gambaran yang dibuatnya lumayan unik dan saya suka melihat campuran warna yang dibuatnya sehingga saya ingin membuat gambaran yang hidup seperti yang dilakukan olehnya.













2. lukisan yang kedua ini adalah lukisan hasil bersama yang saya lakukan dengan teman sekolah saya dahulu. Kami melukis ini tanpa adanya paksaan dan kami memilih tema lukisan ini secara bebas.

















3. untold story. Seperti itulah saya menamakan lukisan ini. Mengapa saya menamakannya seperti itu? karena ada hal yang 'tersimpan' didalam lukisan tersebut. Jika teman-teman dapat melihat lebih seksama, sebenarnya ada sosok perempuan yang ada di samping tokoh pria tersebut. Saya juga tidak mengerti mengapa saya melukiskannya seperti itu, namun saya merasa ada hal yang berbeda dari lukisan saya ini dan saya ingin menunjukkannya dengan bayangan wanita yang telah saya hapus dengan 'sengaja' di lukisan tersebut.












4. Lukisan ini adalah suatu gambaran pemandangan yang 'bila ada' tersebut, saya sangat ingin mengunjunginya. Saya dapat membayangkan tempat tersebut dengan rasa nyaman dan tenang.











5. Lukisan terakhir ini sebenarnya adalah lukisan makanan cemilan prancis yang dinamai dengan macaroon. Macaroon ini adalah cemilan yang sudah ada dari zaman kerajaan. saya terinspirasi untuk melukis ini dikarenakan saya suka menonton film Marie Antonniette.








Nah, selanjutnya saya akan mengaitkan performa ini dengan teori yang telah saya pelajari di kelas kreativitas, yaitu teori 4P. Berikut adalah penjabarannya..


1.    Person
            Berdasarkan aspek ini, kreativitas merupakan ungkapan dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Ungkapan kreatif inilah yang mencerminkan originalitas dari masing-masing individu. Saya akan menjelaskan hal ini dan dikaitkan dengan teori 4P, di mana saya akan menjelaskan “apa, bagaimana, siapa, dll yang dianggap sebagai pribadi kreatif.” Orang yang saya bicarakan pada bagian person ini adalah diri saya sendiri. Di mana saya setuju dengan pernyataan diatas bahwa kreativitas merupakan ungkapan diri kita yang memunculkan keunikan yang membuat kita berbeda dengan yang lainnya, dan juga kreativitas itu dapat muncul dalam bentuk ungkapan lain, seperti lukisan, di mana ada makna yang tersirat yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Hal itulah yang saya rasakan ketika saya melukis, saya merasa bahwa saya adalah orang yang agak kesulitan untuk mengatakan hal yang ingin saya katakana secara langsung, jadi sering kali saya ‘melampiaskan’nya dengan cara melukis. Walaupun saya tau lukisan yang saya buat tidaklah seberapa, namun saya lebih mementingkan rasa puas dan kelegaan yang saya rasakan ketika lukisan-lukisan itu selesai.

2.    Press
            Jika dikaitkan dengan aspek ini -di mana pada aspek ini menyatakan bahwa seseorang akan menghasilkan suatu produk kreativitas karena adanya dorongan yang berasal dari diri (motivasi intrinsik) dan dorongan yang berasal dari luar, seperti lingkungan, keluarga, sekolah, dll- saya merasa bahwa dorongan (press) yang lebih berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas adalah dorongan yang berasal dari dalam diri saya. Mengapa demikian? Karena saya merasa lingkungan dan keluarga saya hanya mendukung seadanya saja terhadap hobi saya tersebut, namun bukan berarti tidak mendukung saya sama sekali, karena keluarga saya sering memberikan saya waktu luang dan memberikan fasilitas yang baik untuk melukis tanpa adanya gangguan, namun ketika produk itu selesai, mereka lebih cenderung bersikap ‘biasa-biasa saja’. Jadi karena saya mengetahui kondisi eksternal yang kurang mendukung saya, saya mencoba untuk memunculkan motivasi intrinsik pada diri saya sendiri.

3.    Process
            Aspek ketiga ini menyatakan bahwa anak dapat mengembangkan kreativitas jika diberikan kebebasan untuk mengekspresikan dirinya secara kreatif dan diberikan waktu untuk bersibuk diri secara kreatif. Dalam aspek ini, berdasarkan pengalaman saya, saya merasa baik keluarga maupun sekolah, sama-sama memberikan waktu luang untuk saya agar saya dapat melukis ataupun menggambar. Dalam hal ini saya merasa diuntungkan dengan adanya mata pelajaran “kesenian” di sekolah saya dulu, di mana guru yang mengajar sering mengajak kami untuk menggambar namun tidak diberikan tekanan dan tidak diberikan konsep yang kaku sehingga saya merasa lebih luwes untuk mengekspresikan hobi saya tersebut.
4.    Product
            Dan aspek yang terakhir ini adalah aspek yang menyatakan bahwa kondisi anak yang memungkinkan untuk menghasilkan produk yang kreatif adalah kondisi dimana adanya dukungan yang berasal dari luar dan juga diperlukan adanya motivasi yang berasal dari individu tersebut. Berdasarkan hobi saya, jelas bahwa produk yang saya hasilkan adalah berupa lukisan yang berisikan ekspresi saya ataupun ungkapan saya terhadap sesuatu yang menarik. 



Itulah yang bisa saya jelaskan mengenai lukisan yang telah saya buat sebagai hasil produk kreativitas. walaupun menurut orang lain karya saya belum seberapa, saya membuat lukisan ini bukan didasarkan pada hasilnya, melainkan lebih mementingkan proses pembuatan dan perasaan 'lega' ketika lukisan ini selesai. Dan saya juga tidak menutup pikiran saya, saya akan merasa sangat berterima kasih bagi teman-teman yang ingin memberikan komentar, kritik dan saran mengenai produk kreativitas saya ini..


15 comments:

  1. depiiii lukisannya bagus kali dan kreatif , devi pandai ya dalam buat tema lukisannya, cara mewarnainya juga keren . Suka liat lukisannya , good job :)

    ReplyDelete
  2. Lukisan nya bagus dan devi benar-benar kreatif...
    walaupun Devi bilang press ekstrinsik sedikit kurang untuk memotivasi devi tapi setidaknya proses pengerjaan kreativitas devy tidak terganggu kan,hehehe

    ReplyDelete
  3. Ternyata teman-teman saya ini punya bakat-bakat tersembunyi... Saya baru tahu klo Devy bisa melukis :) Berawal dari hal yang sederhana, jika devy mau mengembangkat bakat melukis ini, Devy bisa jadi pelukis yang hebat... Good job !

    ReplyDelete
  4. Devy, saya baru tau bahwa devy suka melukis dan hasil lukisan devy pun juga sangat bagus. Devy sungguh kreatif yaaa, dengan menggunakan lukisanlah devy dapat memperlihatkan apa yang ingin devy ungkapkan. Dengan menggunakan teori 4p, dapat mempermudah saya memahami hasil kreatif devy. Good Job Devy :*

    ReplyDelete
  5. aku baru tau kalo devy suka melukis..bagus lagi..
    banyak brlatih pst lbh bagus lagi dev.. aku suka yg 'jika ada' hehe

    ReplyDelete
  6. wahhh aku kagum banget sama org yg bisa ngelukis, soalnya shade dan gradiasi warna pasti menentukan hasilnya.
    aku paling suka lukisan yg terakhir, macaron itu ><
    main ke blog aku juga ya hihi

    ReplyDelete
  7. Lukisannyaa baguuuuussss devy. Benear yang kamu bilang. Menurut saya melukis merupakan salah satu cara yang efektif untuk ngungkapin ungkapan yang tidak bisa kita ungkapkan dengan kata-kata. Excellent !

    ReplyDelete
  8. devi diam-diam punya bakat ngelukis ternyata ya..
    byuti suka yang lukisan pemandangan itu dev. :)

    ReplyDelete
  9. Wah devy teman kita yang satu ini ternyata hobby melukis, dan bukan sekedar hobby, tapi berbakat sehingga menghasilkan lukisan yang sungguh menawan, lukisan yang penuh dengan guratan makna.
    Kelihatan sekali mencintai dengan sungguh-sungguh aktivitas melukis, sampai-sampai muncul perasaan 'lega' ketika lukisan-lukisan di atas selesai. Lebih mengutamakan 'Proses' daripada hasil, hebat kamu Devy ^^

    yang paling unik lukisan yang berjudul "untold story", maknanya sangat dalam, serasa yang melukis memiliki pengalaman yang benar-benar terjadi sehingga tercetus lah ide seperti itu, hehehe
    Everything's okey (y)

    #SalamKreatif

    ReplyDelete
  10. devi,, hasil lukisannya keren banget (y)
    aku suka dengan kombinasi warna yg devi pakai. apalagi pada lukisan ke-4, lukisan nya benar-benar bisa mnggambarkan pemandangan yg indah dengan kombinasi yg indahh pula.. setiap lukisan punya cerita dan inspirasi masing-masing. devi sukses bgt buat kami jadi mngerti arti dari lukisan tsb..

    tetap semnagat devi,, banyak brlatih akn lbih baik lagi psti :)

    ReplyDelete
  11. hasil lukisan devi kerennn.... ternyata ada hobi kitaa yang sama... saya tertarik dengan lukisan yang devi kasih nama "untold story" menurut saya lukian laki" yang tersenyum itu seakan ingin memberikan senyuman kepada perempuan yang bayangannya devi hapuss,,, :) aku suka sama lukisan devi ini :)

    ReplyDelete
  12. Lukisannyaa kereen!! Irii.. aku gak pande gambar :(
    Boleh yaa kapan-kapan aku minta tolong dilukiskan sesuatu? boleeh yaahh....

    ReplyDelete
  13. devi, lukisannya bagus ya.
    pengen deh pinter ngelukis kayak kamu. :(
    keren.
    aku mau donk di lukisin pemandangan yang indah

    ReplyDelete
  14. itu beneran devi yang ngelukis sendiri? waaaw. keren banget dev >< gak nyangka devi jago lukis. beneran. haha. gud job!!

    ReplyDelete
  15. devi, lukisannya keren sekali:) gak nyangka ternyata devi suka ngelukis yaa, apalagi press yang paling besar adalah dari internal, wah good job dev! :D

    ReplyDelete